Available courses

Fokus mata kuliah adalah organ-organ dalam, sirkulasi dan pembuluh darah, serta persarafan yang diuraikan dalam sistem  muskuloskeletal, neuromuskuler, kardiorespirasi, reproduksi dan perkemihan, sistem endokrin, cairan tubuh dan darah. Selain itu Mata Kuliah ini mengajarkan istilah dan prinsip struktur muskuloskeletal dan Neuromuskuler. Hubungan dari struktur muskuloskeletal termasuk fascia, otot-otot rangka, tulang dan struktur jaringan persendian, serta hubungan dari struktur neuromuskuler termasuk susunan saraf pusat dan susunan saraf tepi

Cabang ilmu ini membahas tentang metode dan prosedur pengumpulan, penyajian, analisa dan penyimpulan suatu data mentah, serta aplikasi konsep-konsep yang terkait dalam penelitian keperawatan.


Mata kuliah ini membahas tentang konsep teoritis pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien, konsep dan teori belajar mengajar, konsep dan teori promosi kesehatan dan pengembangan program pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien.


Mata ajar ini merupakan pengantar dalam melakukan penalaran yang tepat dan berfikir secara mandiri, logis, kritis dan analitis yang membahas tentang Pengantar filsafat ilmu, persoalan filsafat ilmu, konsep tahu, pengetahuan dan ilmu pengetahuan, konsep ontology, epistemiologi dan aksiologi, konsep rasionalisme, silogisme dan logika deduktif, konsep empirisme dan pemikiran induktif, bahasa, matematika, statistik dan logika sebagai sarana dalam berfikir ilmiah, metode berfikir ilmiah dan filsafat ilmu, hubungan antara ilmu keperawatan-praktik-riset, penerapan filsafat ilmu dalam pelayanan keperawatan, hubungan konsep, teori dan model keperawatan dipandang dari filsafat ilmu, penelitian keperawatan dan khasanah kefilsafatan ilmu, filsafat ilmu dan eksistensi keperawatan sebagai ilmu yang mandiri

Manajemen keperawataan mempelajari tentang penerapan prinsip manajemen dan kepemimpinan keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien yang berfokus pada penerapan model asuhan keperawatan professional meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penekanannya meliputi penggunaan ketrampilan manajemen da nkepemimpinan pada asuhan klien secara menyeluruh melalui manajemen pelayanan keperawatan dan berupaya memprakarsai perubahan yang efektif dalam asuhankeperawatan

Mata kuliah ini membahas tentang integrasi empat kemampuan dasar berbahasa Inggris yaitu berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis termasuk aspek-aspek tata-bahasa dan kosakata kedalam ruang lingkup pelayanan dan pekerjaan keperawatan baik dalam praktik klinik/komunitas maupun pada pembelajaran di kelas dan/atau di laboratorium. Pada tahap lanjut, mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa untuk bisa mendapatkan nilai skor TOEFL/IELTS yang memadai untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bekerja di luar negeri.


Fokus mata kuliah Keperawatan Keluarga adalah pembahasan tentang konsep keluarga, kesehatan keluarga, konsep keluarga sejahtera, asuhan keperawatan keluarga pada tiap tahapan perkembangan keluarga yang  meliputi pasangan keluarga yang baru menikah, keluarga yang menanti kelahiran, keluarga dengan balita, keluarga dengan anak usia sekolah, keluarga dengan remaja, keluarga dewasa dan masalah-masalah keluarga yang terkait dengan masalah kesehatan yang lazim di Indonesia. Kegiatan belajar meliputi ceramah, diskusi dan pembahasan kasus.

Selain itu Fokus mata ajar keperawatan gerontik adalah membahas konsep dasar keperawatan gerontik dan asuhan keperawatan dalam pemenuhan kebutuhan dasar lansia. Penerapannya pada asuhan keperawatan gerontik melingkupi pembahasan mengenai kebutuhan bio, psiko, social dan spiritual pada lanjut usia dengan sasaran individu, keluarga dan kelompok/komunitas.

Pembahasan mata ajar ini meliputi konsep dan askep dalam pemenuhan kebutuhan klien lanjut usia dengan gangguan bio, psiko, social dan spiritual. Proses pembelajaran mata kuliah gerontik ini diarahkan agar mahasiswa memperoleh kemampuan dalam melakukan asuhan keperawatan yang meliputi melakukan pengkajian, menentukan diagnosa yang sesuai, merencanakan intervensi keperawatan, melakukan tindakan keperawatan dan melakukan evaluasi dan dokumentasi pada berbagai contoh kasus gangguan kebutuhan dasar lansia. Proses pembelajaran pada mata ajar ini dilakukan melalui teori dengan pendekatan Student Center Learning (SCL)


Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan pemenuhan kebutuhan oksigenasi, sirkulasi dan hematologi. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan pernapasan, kardiovaskuler,dan hematologi berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik

seperti biologi, histologi, biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi,nutrisi, bedah dan rehabilitasi.


Dasar mata ajaran teori keperawatan jiwa berfokus pada adaptasi klien dalam rentang sehat jiwa-gangguan jiwa khususnya pengetahuan tentang proses terjadinya gangguan jiwa akan membantu peserta didik mengerti penyimpangan atau karateristik klien dengan gangguan jiwa yang umum di Indonesia. Usaha pencegahan dan perawatan pada klien dengan masalah BioPsikoSosial dan spiritual dan gangguan jiwa akan didiskusikan dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan, hubungan terapeutik secara individu, peran perawat dan analisa proses interaksi yang akan dibahas.

Mata kuliah ini membahas tentang konsep caring sepanjang daur kehidupan manusia, konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia, standar profesional dalam praktik keperawatan termasuk  etika keperawatan dan aspek legal dalam praktik keperawatan. Konsep berfikir kritis dalam keperawatan, dan proses keperawatan dengan penekanan pada proses diagnosis keperawatan. Pengalaman belajar meliputi pembelajaran di kelas dan di laboratorium keperawatan.


Mata kuliah ini membahas tentang Konsep ,jenis, klasifikasi  dan karakteristik bencana , dampak bencana terhadap kesehatan , prinsip penanggulangan  kedaruratan bencana, persiapan bencana, penilaian sistematis , tindakan tindakan keperawatan selama fase bencana, perawatan psikososial dan spiritual bagi korban bencana, perawatan bagi populasi rentan , aspek etik dan legal pada saat bencana, perlindungan bagi petugas, pendekatan interdisiplin, pemulihan pasca bencana dan penerapan evidence base dalam keperawatan bencana. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berpikir kritis, sistematis, komprehensif  dalam mengaplikasikan konsep keperawatan  bencana dengan pendekatan holistic, etis dan peka budaya.


Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang mempunyai masalah actual dan resiko yang terjadi secara mendadak atau tidak dapat diperkirakan dan tanpa atau disertai kondisi lingkungan yang tidak dapat dikendalikan, serta kondisi klien yang mengalami kritis dan mengancam kehidupan. Perencanaan asuhan keperawatan dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu mencegah atau mengurangi kematian atau kecacatan yang mungkin terjadi


Fokus cabang ilmu ini merupakan bagian dari kelompok ilmu alam dasar yang membahas tentang konsep biologi. Fisika, biokimia,  Gizi, konsep patologi, patofisiologi, mikrobiologi dan parasitologi, serta farmakologi pada berbagai kondisi sebagai landasan dalam mempelajari ilmu-ilmu lanjutan/ keahlian dengan memperhatikan lingkungan dan etika kelimuan

Fokus cabang ilmu ini merupakan bagian dari kelompok ilmu alam dasar yang membahas tentang konsep biologi, fisika, biokimia,  gizi, konsep patologi, patofisiologi, mikrobiologi dan parasitologi, serta farmakologi pada berbagai kondisi sebagai landasan dalam mempelajari ilmu-ilmu lanjutan/ keahlian dengan memperhatikan lingkungan dan etika kelimuan

Mata Kuliah ini mempelajari tentang prinsip-prinsip komunikasi umum beserta aplikasinya dalam konteks pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus dalam memberikan asuhan keperawatan yang diperuntukkan bagi individu, kelompok, keluarga dan masyarakat, serta dalam tim kesehatan untuk berbagai tatanan baik praktik klinis maupun komunitas. Selain itu, dibahas pula trend dan issue yang berkaitan dengan perkembangan komunikasi dalam bidang kesehatan.


Mata kuliah ini membahas berbagai konsep, prinsip dan ketrampilan klinis Keperawatan untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan manusia yang mencakup kebutuhan aktivitas dan latihan, kebutuhan oksigenasi, kebutuhan cairan, elektrolit dan keseimbangan cairan elektrolit, kebutuhan istirahat dan tidur, kebutuhan nutrisi, kebutuhan eliminasi, kebutuhan rasa nyaman, kebutuhan kebersihan dan perawatan diri, prosedur keperawatan yang menjadi dasar ilmiah dalam praktik keperawatan yang mencakup pengukuran tanda vital, pengkajian keperawatan dan pemeriksaan fisik, pengendalian infeksi dan prosedur pemberian medikasi. Pengalaman belajar meliputi pembelajaran di kelas, laboratorium keperawatan, dan klinik.


Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan sistem muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan persarafan. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan sistem muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan persarafan berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, bedah, nutrisi dan rehabilitasi. Gangguan dari system tersebut meliputi gangguan peradangan, kelainan degenerative, trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi Modalitas Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL) dan Belajar Berdasarkan Masalah (BDM),dan praktik laboratorium..

Silahkan mengikuti Program Try Out Internal sesuai jadwal

Mata Kuliah ini menguraikan tentang konsep dasar keperawatan Maternitas yang meliputi: konsep dan asuhan keperawatan pada ibu hamil, konsep keperawatan ibu intra natal dan bayi baru lahir, konsep keperawatan dan asuhan keperawatan pada ibu post partum dan ibu dengan masalah reproduksi, konsep keperawatan ibu dengan resiko HIV/AIDS dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak

Semua mahasiswa yang menjadi bimbingan saya silahkan upload Askep dan Review Jurnal di sisni

Mata kuliah ini membahas tentang konsep berfikir kritis dalam keperawatan, dan proses keperawatan dengan penekanan pada proses diagnosis keperawatan

Mata kuliah ini adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus kepada respon anak dan keluarganya pada setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam keadaan sehat ataupun sakit akut, di masyarakat ataupun dirawat di rumah sakit, serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif

Polling Pemilihan Ketua BEM Dan BLM STIKVINC Surabaya

ini adalah forum diskusi cara penggunaan aplikasi elearning moodle STIKVINC Surabaya, diharapkan nantinya seluruh civitas akademika STIKVINC dapat menggunakan aplikasi ini dengan baik sehingga transfer ilmu yang didapat kan mahasiswa dapat lebih maksimal


Semua dosen dan Mahasiswa yang terjadwal dalam proses ujian Praktek silahkan untuk berproses UTEK terkait pengumpulan materi dan hasil koreksi di Sistem ini. 

Semua yang menjadi bimbingan saya, harap upload konsul leawat elearning ini

Mata ajar ini menguraikan tentang strategi pengembangan kepribadian dan karir bagi tenaga keperawatan guna meningkatkan mutu pelayanan keperaMata ajar ini menguraikan tentang strategi pengembangan kepribadian dan karir bagi tenaga keperawatan guna meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dan kesehatan kepada pengguna/klien meliputi: konsep nilai-nilai Vincentius, mengenal proses diri dan citra diri serta kekuatan dan kelemahan personal, membentuk manusia kreatif, inovatif dan produktif, sumber daya manusia yang marketable, kerja tim (team work), konsep sehat, bahagia dan suskes, strategi dalam mencari pekerjaan.watan dan kesehatan kepada pengguna/klien meliputi: konsep nilai-nilai Vincentius, mengenal proses diri dan citra diri serta kekuatan dan kelemahan personal, membentuk manusia kreatif, inovatif dan produktif, sumber daya manusia yang marketable, kerja tim (team work), konsep sehat, bahagia dan suskes, strategi dalam mencari pekerjaan.

Item ini khusus untuk melaksanakan UAS Mahasiswa D3 Keperawatan Angkatan 2017

Mata kuliah ini membahas tentang pentingnya pelayanan kesehatan primer dalam mengatasi masalah kesehatan dalam lingkup keluarga, konsep dan tren isu keperawatan keluarga, pendekatan-pendekatan teoritis yang digunakan dalam proses keperawatan keluarga serta pendokumentasian asuhan keperawatan keluarga yang dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran teori, praktikum, dan praktek klinik

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang mempunyai masalah actual dan resiko yang terjadi secara mendadak atau tidak dapat diperkirakan dan tanpa atau disertai kondisi lingkungan yang tidak dapat dikendalikan, serta kondisi klien yang mengalami kritis dan mengancam kehidupan. Perencanaan asuhan keperawatan dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu mencegah atau mengurangi kematian atau kecacatan yang mungkin terjadi

Setelah mengikuti prose pembelajaran ini mahasiswa diharapkan mampu

1)     Mampu menguasai teoritis penjaminan mutu asuhan keperawatan, konsep teoritis praktik keperawatan berbasis bukti (Evidence based Practice)

Menunjukkan kinerja bermutu dan kuantitas yang terukur terhadap hasil kerja sendiri, tenaga kerja pendukung (support worker) yang menjadi tanggung jawab pengawasan di lingkup bidang kerjanya

Membahas Hospitality / Keramah-tamahan sebagai salah satu unsur penting dalam pelayanan keperawatan di era modern.

Klinik Keperawatan Jiwa merupakan mata kuliah klinik yang dilakukan mahasiswa di tatanan nyata yaitu di RS Jiwa Menur Surabaya, saat ini oleh karena situasi pandemik, praktik klinik dilakukan dengan perkuliahan secara daring.

Mata kuliah ini menguraikan tentang konsep dasar keperawatan anak, masalah kesehtana yang lazim terjadi pada anak dalam hubungannya dengan keluarga dan pemecahannya dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan

Mata Kuliah ini mempelajari tentang...............

Mata ajar ini menguraikan tentang konsep, teknik dan asuhan keperawatan jiwa pada klien dengan gangguan jiwa dan keluarga

Untuk Ujian Tengah Semester Mahasiswa D3 Kep Semester 4

konsep perawatan luka mengenai penyembuhan luka fisiologis, pengkajian luka termasuk nutrisi

Materi tentang Wound Care

Keperawatan Gawat darurat dan Manajemen Bencana I


Mata kuliah ini membahas tentang konsep karya tulis ilmiah dalam keperawatan. Perawat merupakan profesi yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan sebagai researcher. Peran dan fungsi yang selalu melekat pada diri seorang perawat, sehingga setiap perawat diharapkan mampu dalam menyumbangkan pikiran, ide, dan gagasan kreatif dalam bentuk karya tulis ilmiah sebagai upaya untuk mengembangkan ilmu keperawatan

Fieldtrip mempunyai tujuan supaya mahasiswa mampu menganalisis situasi di tatanan nyata dalam melakukan keperawatan dasar pada pasien.

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar patofisiologi untuk memahami kelainan-kelainan tubuh manuasia ditinjau dari mekanisme dan patofisiologinya, sebagai dasar penatalaksanaan penyakit.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah aplikatif berbasis praktik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan komputer dan internet sebagai media pengolahan data dan pencarian informasi untuk peningkatan layanan keperawatan serta pendokumentasian proses keperawatan serta penyusunan karya tulis ilmiah. Pembelajaran pada mata kuliah ini mengasumsikan bahwa mahasiswa telah memiliki kemampuan dasar dalam mengoperasikan program office (Ms. Word, Excell dan Power Point) sehingga kegiatan pembelajaran lebih pada penguatan kemampuan dan aplikasinya dalam pengolahan data dan dokumentasi proses keperawatan.

Mata kuliah ini membahas tentang  konsep  kesehatan dan keselamatan dan kerja (K3), Lingkungan kerja, kecelakaan dan penyakit akibat kerja, hiperkes, kebijakan pemerintah mengenai perlindungan terhadap keselamatan kerja, pencegahan kecelakaan kerja, risiko kecelakaan kerja, managemen keselamatan kerja, alat-alat pengaman, peraturan ketenagakerjaan,  standar kesehatan dan keselamatan kerja,Kesehatan dan keselamatan kerja di rumah sakit

Mata kuliah ini membahas tentang konsep farmakologi, cara pemberian obat dan prosedur perawatan tindakan kolaboratif. Proses belajar mengajar dirancang untuk memungkinkan peserta didik mengenal, memahami dan mengelola obat di dalam pelayanan pengobatan sesuai profesinya

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah aplikatif berbasis praktik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan komputer dan internet sebagai media pengolahan data dan pencarian informasi untuk peningkatan layanan keperawatan serta pendokumentasian proses keperawatan serta penyusunan karya tulis ilmiah. Pembelajaran pada mata kuliah ini mengasumsikan bahwa mahasiswa telah memiliki kemampuan dasar dalam mengoperasikan program office (Ms. Word, Excell dan Power Point) sehingga kegiatan pembelajaran lebih pada penguatan kemampuan dan aplikasinya dalam pengolahan data dan dokumentasi proses keperawatan.

Berikut ini adalah elearning take home yang digunakan Mahasiswa Prodi Keperawatan 2021 untuk mengirimkan/upload hasil take home  UAS Bahasa Indonesia.