Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep, prinsip dan ketrampilan klinis keperawatan untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan manusia yang mencakup kebutuhan aktivitas dan latihan, kebutuhan oksigenasi, kebutuhan cairan, elektrolit dan keseimbangan cairan elektrolit, kebutuhan istirahat dan tidur, kebutuhan nutrisi, kebutuhan eliminasi, kebutuhan rasa nyaman, kebutuhan kebersihan dan perawatan diri. Pengalaman belajar meliputi pembelajaran di kelas dan di labotorium keperawatan.

Agama merupakan mata kuliah yang terkait dengan keyakinan yang melandasi manusia untuk bersikap dan bertindak toleran dalam kehidupan sosial khususnya kerjasama antar umat beragama di masyarakat.Fokus pada pemahaman konsepkonsep agama dan kehidupan beragama di Indonesia.Pada nilai kehidupan beragama yang diterapkan dalam melaksanakan peran perawat sebagai pemberi asuhan, pemenuhan kebutuhan spiritual klien, peneliti untuk mengidentifikasi permasalahan nilai/keyakinan klien, dan peran sebagai pendidik untuk memberikan pendidikan spiritual klien dalam melakukan pengelolaan kebutuhan spiritual klien baik di klinik maupun masyarakat.


Mata kuliah ini membahas tentang Falsafah, paradigm dan koseptual model dan teori keperawatan, serta prinsip-prinsip pendekatan holistic dalam konteks keperawatan

Fokus cabang ilmu ini merupakan bagian dari kelompok ilmu alam dasar yang membahas tentang konsep biologi. Fisika, biokimia dan Gizi dengan memperhatikan lingkungan dan etika kelimuan serta konsep konsep anatomi dan fisiologi manusia. Capaian pembelajaran MK ini adalah mahasiswa mampu memahami :

1)   Peran Konsep Biologi sel dan Genetika sebagai pendekatan dalam menyelesaikan masalah keperawatan.

2)   Peran Konsep Fisika (Bimekanik dan Biolistrik) sebagai pendekatan dalam menyelesaikan masalah keperawatan.

3)   Peran Konsep Biokimia  dan Gizi sebagai pendekatan dalam menyelesaikan masalah keperawatan

4)   Peran Konsep  Anatomi Fisiologi sebagai pendekatan dalam menyelesaikan masalah keperawatan